Peran Amerika dalam Ekonomi Dunia

Perekonomian Amerika Serikat adalah ekonomi terbesar di dunia. Pada 2012, PDB Amerika Serikat diperkirakan menjadi $ 16,62 triliun. PDB-nya pada dasar paritas daya beli juga merupakan yang terbesar dari satu negara di dunia, sekitar 20% dari total dunia. Amerika telah mempertahankan tingkat pertumbuhan PDB secara keseluruhan yang stabil, tingkat pengangguran moderat, dan tingkat penelitian dan investasi modal yang tinggi. Ini memiliki pendapatan per kapita tertinggi keenam di dunia. AS adalah produsen minyak terbesar ketiga di dunia dan produsen gas alam terbesar kedua. Ini adalah negara perdagangan terbesar kedua di dunia di belakang Tiongkok. Hari ini, Amerika Serikat adalah rumah bagi 30% jutawan dunia, 40% dari miliarder dunia dan 140 dari 500 perusahaan terbesar dunia.

 Amerika Serikat adalah konsumen energi terbesar kedua dalam penggunaan total. Ketergantungan Amerika pada impor minyak telah mencapai 65% pada tahun 2005. Diperkirakan akan mencapai hingga 70% – 75% bergantung pada minyak asing pada 2015. Diukur dengan nilai dari sekuritas perusahaan-perusahaan yang terdaftar, pada tahun 2008, kapitalisasi gabungan dari semua perusahaan domestik NYSE yang terdaftar adalah US $ 10 triliun.

 Proses membuka pasar dunia dan memperluas perdagangan dimulai di Amerika Serikat pada tahun 1934 dan secara konsisten dikejar sejak akhir Perang Dunia Kedua. Kebijakan ini telah memainkan peran penting dalam pengembangan kemakmuran Amerika ini. Menurut sebuah penelitian, pendapatan riil Amerika adalah 9% lebih tinggi daripada yang seharusnya mereka lakukan sebagai akibat dari upaya liberalisasi perdagangan sejak Perang Dunia Kedua. Dalam hal ekonomi AS pada tahun 2012, bahwa 9% mewakili hampir $ 1,4 triliun dalam pendapatan tambahan Amerika.

 Ini telah menjadi ekonomi nasional terbesar di dunia setidaknya sejak 1890. Pada 2010, negara ini tetap menjadi produsen terbesar di dunia; mewakili 20% dari output manufaktur global. Negara ini adalah salah satu pasar keuangan terbesar dan paling berpengaruh di dunia. Sekitar 60% dari cadangan mata uang global telah diinvestasikan dalam dolar AS. Investasi asing yang dilakukan di AS mencapai hampir $ 2,5 triliun. Jumlah ini lebih dari dua kali lipat dari negara lain. Sementara pada saat yang sama, investasi Amerika di luar negeri berjumlah lebih dari $ 3,5 triliun, dua kali lipat dari negara lain. Pada 2010, ekspor AS mencapai $ 1,3 triliun dan impor mencapai $ 1,9 triliun.

 Total utang publik dan swasta adalah $ 50 triliun pada tahun 2010. Ini adalah 3,5 kali PDB. Pada tahun 2012, proporsi utang publik sekitar 1,0043 kali PDB.

 Ekonomi AS tumbuh rata-rata 3,8% dari 1945 ke ekonomi sejak 1973, namun, telah ditandai oleh pertumbuhan yang lebih lambat (rata-rata 2,7%), dan standar hidup hampir stagnan, dengan pendapatan rumah tangga hanya meningkat 0,3% per tahun. Resesi terburuk dalam beberapa dekade terakhir, dalam hal output yang hilang, Amerika yang dihadapi selama PDB keuangan 2008 turun sebesar 5,0% dari 2008 hingga 2009. Sejak tahun 1970-an, beberapa negara berkembang telah mulai menutup kesenjangan ekonomi dengan Amerika Serikat. Dalam banyak kasus, hal ini terjadi karena memindahkan pembuatan barang yang sebelumnya dibuat di AS ke negara-negara di mana mereka dapat dibuat dengan uang yang lebih sedikit untuk menutupi biaya pengiriman ditambah laba yang lebih tinggi.

 Sejak 2009, PDB riil AS naik 2,1% pada tingkat tahunan, dan ekspor telah menyumbang 0,8 poin persentase untuk pertumbuhan ini. Meskipun lambat tetapi perlahan dan lambat di jalur pemulihan. Dan diharapkan hingga 2015 akan mengatur langkahnya. Jika itu akan menambah 1% dari tingkat pertumbuhan dalam tingkat perkembangan normalnya maka banyak negara akan memukul keras dan banyak negara akan diuntungkan. Bahkan Cina menantang kekuatan ekonominya tetapi ada prediksi yang jelas bahwa “kekuatan Amerika” akan berlanjut dengan “Mimpi Amerika” -nya setidaknya 50 tahun dari sekarang.

About: admin